6 Desember 2012

"Ini masa SMP kita loh Kak..., SMP kaka gimana?? "

5 Desember 2012

     Rerintik hujan yang mengguyur kota pendidikan tidak menghalangiku untuk berbagi sedikit ilmu. bersama mas Afian seorang pejuang hebat dari teknik mesin UGM kami menerobos rerintik yang sudah berubah menjadi guyuran hujan, menuju belakang Amplas. sebuah tempat sedikit kumuh di bawah jembatan. sangat kontras terlihat dengan kemewahan yang terpapar di daerah Amplas. Amatlah sederhana di sini.

     Yaa... malam ini aku bersama mbak Septi dan mbak Fitri memiliki sebuah tanggung jawab untuk berbagi Ilmu dengan anak - anak di sekitar belakangan Amplas. Malam ini pulalah justru aku yang menjadi seorang murid. memang tidak sesuai dengan rencana. kami datang dengan niat untuk menjejalkan rumus rumus matematika kepada mereka, namun dengan berbagai alasan mereka berkilah. yang besok ulanganya Al-quran hadis lah... hingga ulangan bahasa inggris. bukan perkara mudah bagi seorang bukan ustad sepertiku untuk menjelaskan prihal Agama... Yang ada kita hanya bercerita ngalor ngidul tanpa tau maksud dan tujuan.

     Murid - muridku pun bukan anak anak normal biasa yang mau nurut dengan semua perkataan gurunya. >.< ya mereka murid murid paling lucu yang pernah ku ajar. semuanya kaum hawa, ada Tata, Siti, dan tiga orang lagi aku lupa namanya. tapi yang jelas aku ingat muka merekah( hahaha bukan guru yang baik).. lalu apa yang mereka ajarkan padaku malam ini?

      Ceritanya begini, Anggep saja namanya bunga(aku lupa namanya). ini kisah nyata loh. mungkin takdir atau musibah haha. jadi dia lagi punya masalah sama cowo nya.. pokoknya mereka lagi berantem gitu dah. jangan di bayangin mereka lagi jambak - jambakan. maklum mereka masih SMP pacaranya pun hanya sebatas pacaran lewat HP. ketika bertemu dangan orang aslinya hanyalah jurus diam seribu bahasa. 

     Lanjut ke cerita, jadi kira kira dia udah bilang pengen putus. tapi cowownya ternyata gak terima. >.< Lalu dimulailah perang sms mereka. aku ga tau dapet ilmu dari mana tapi cowok ini jago banget bikin kata - kata. mulai mengangkat soal prasaan bla bla bla gtu dah. dan aku justru bertanya - tanya, ini cowok apa cewek sih yang sms?? (dan aku bukanya mikirin cara mengkondisikan mereka buat belajar, malah ikut nimbrung hehehe) then pada akhirnya mereka resmi putus setelah aku cek lebih jauh ternyata mereka baru pacaran 1 MINGGU... WHAT?? jago bener ya dalam seminggu udah cerai aja >.< kemaren waktu nerima dia apa yang dia pikirin? trus di akhir - akhir sms mereka malah maki - makian. ya si cewek kayaknya ngirim satu kata yang aku kasih "kfcu(baca: FUCK)".. hahaha jadilah mungkin aku penyebabnya,... >.< Ya dia udah move on ternyata setelah putus (secepat itukah??) dan aku pikir pelajaran udah dapat dimulai lagi.. :) 

     Namun semua selalu tidak sesuai dengan skenario. si bungga itu malah di ledekin temen temen nya, dan dia justru bales ngeledek si Tata yang katanya abis putus juga dan malah ngegalau naik turun mainan lift amplas.. >.< (besok aku mau coba pas galau mau mainan lift juga :) ) lalu dia juga merengek - rengek ke semua orang yang terlihat alim (saya tidak termasuk) untuk minta doa supaya gak kena karma. hahaa. malah semakin rame acara belajar kali ini. dan aku juga masih sulit untuk mencoba menerangkan tentang Mad silah. 

     Walau mas Afian yang sudah lebih dewasa pemikiranya terkadang menengahi candaan luar biasa di tengah guyuran air alami itu. tapi tetap saja menyenangkan memiliki murid seperti mereka. teringat masa SMP ku dulu, penuh warna ( baca : HITAM ) ya soalnya SMP ku di ASRAMA. aku gak pernah ngerasain hal hal unik begitu. tidak ada yang namanya pelayaran cinta ke berbagai pelabuhan. hahaha setidaknya murid muridku mengajari aku tentang kehidupan SMP yang tidak aku dapatkan. Terimakasih ya, Tata dan kawan - kawan.